Cara Mengecat Tembok Lama untuk Pemula yang Mudah Dilakukan

Sedang merencanakan untuk mengganti cat dinding? Yuk, pelajari dahulu cara mengecat tembok lama untuk pemula :

1 . Periksa Kondisi Cat Dinding Lama

Lakukan tes gosok dengan menggunakan tangan pada beberapa titik. Bila kamu menemukan kondisi itu, disarankan untuk mengupas cat lama terlebih dahulu hingga bersih, lakukan dengan baik.

2. Siapkan Bahan dan Alatnya

Umumnya, alat-alat yang digunakan untuk mengecat adalah kuas, roller, spons, kape, gayung, ember, koran bekas, dan tangga. Siapkan pula bahan-bahan lainnya seperti cat tembok, paint remover, air, dan deterjen. Peralatan yang dibutuhkan usai mengecat.

3. Bersihkan Cat Dinding yang Lama

Kamu harus mengerok atau mengelupas cat tembok lama bila ada bagian yang rusak. Lakukan secara hati-hati. Tetapi, jika cat tembok rumah yang lama tidak mengalami masalah serius, cukup dibersihkan dari debu dan kotoran saja.

4. Aplikasikan Cat Dasar

Sebagai treatment bagian tembok yang tidak rata, kamu bisa mengaplikasikan cat dasar tembok alias plamur. Untuk diketahui, plamur berwarna putih dan kamu harus menggunakan kape untuk mengoleskannya ke permukaan tembok. Berikan plamur ke permukaan dinding secara merata. Kemudian, tunggu beberapa saat hingga mengering sempurna.

5. Mulai Lakukan Pengecatan

Kamu bisa menggunakan kuas cat tembok bila bidang yang dicat tidak terlalu luas, apalagi kalau ada sudut dinding. Lain halnya kalau dinding berukuran besar. Kamu dapat memakai roller cat dan kuas secara bersamaan. Awali pengecatan pada bagian sudut dinding. Perhatikan arah pengecatan secara teratur dari posisi paling atas menuju ke bawah. Ketika mengecat tembok lama, jangan sampai melompat-lompat atau berpindah tempat. Hal ini akan menyebabkan cat tidak rata. Ketika mengecat tembok lama, jangan sampai melompat-lompat atau berpindah tempat. Hal ini akan menyebabkan cat tidak rata. Aplikasikan cat tembok sebanyak dua kali. Pada saat melakukan lapisan cat yang kedua, tunggu lapisan cat pertama kering terlebih dahulu ya.

Nah, cara mengecat tembok lama dengan benar memang mudah ya. Kamu bisa mencobanya sendiri di rumah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *